Anggaran Rp 36 Miliar untuk Rehab 10 Jembatan

JEMBATAN.ID – Anggaran fantastis sebesar Rp 36 M disiapkan Dinas Bina Marga Kabupaten Malang untuk melakukan rehab 10 jembatan sepanjang tahun 2018 ini. Rehab 10 jembatan dinilai sangat penting, mengingat kondisinya memang memerlukan perbaikan dan sekaligus mempermudah aktivitas masyarakat.

Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang Ir Romdhoni mengatakan, perbaikan 10 jembatan tersebut sudah masuk dalam daftar perencanaan.
“Pelaksanaan perbaikan kami pastikan dilaksanakan tahun ini. Selanjutnya, kami terus melakukan koordinasi dengan pihak ketiga dalam persiapan pelaksanaannya,” ujarnya`.
Dia menjelaskan, 10 titik perbaikan jembatan berada merata di seluruh wilayah Kabupaten Malang. Meliputi wilayah Malang selatan, Malang utara, Malang barat maupun di wilayah bagian timur. Sedangkan jembatan yang diperbaiki berstatus milik Kabupaten Malang dan keberadaannya sangat vital, lantaran sering dilewati kendaraan.

“Meski demikian, kami tetap melakukan pendataan terhadap jembatan yang selanjutnya akan menjadi sasaran perbaikan,” kata dia.

Mantan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang ini melanjutkan, ada beberapa kriteria jembatan yang perlu direhab. Yakni kondisi fisik jembatan memerlukan penggantian, pelebaran, hingga rehabilitasi lainnya yang secara teknis sudah tidak layak.
Sedangkan proses perbaikan maupun rehab tersebut, kata dia, akan dilaksanakan pihak ketiga yang sebelumnya proses pengadaan barang dan jasa terlebih dulu melalui lembaga pengadaan secara elektronik (LPSE).
“Proses lelang transparan. Termasuk juga penunjukan jembatan yang menjadi sasaran rehab juga berlangsung transparan,” terangnya.
Dia mengatakan, rehab jembatan memang baru bisa dilakukan pada pertengahan tahun ini. Lantaran baru saja menyelesaikan proses lelang pengadaan barang dan jasa. Selain itu, pelaksanaan rehab paling tepat dilakukan saat pertengahan tahun ketika musim kemarau.
“Kalau pelaksanaan rehab musim hujan, maka prosesnya akan sulit dan hasilnya percuma. Proses perbaikan berat, diutamakan dilaksanakan musim kemarau,” pungkasnya.

Tags: #Bina Marga #Cipta Karya #Jembatan

Must read×

Top