Bahan Baja Pembuatan Jembatan HKZM Diklaim Bisa untuk Membuat 60 Menara Eiffel

JEMBATAN.ID – Jembatan HKZM (Hong Kong-Zhuhai-Makau) yang jadi mega proyek di China, menjadi sorotan dunia. Jembatan ini menghubungkan Hong Kong, Makau, dan Zhuhai di provinsi Guangdong, China selatan.

Ada sebuah hal yang menarik dari jembatan ini, yakni jumlah bahan baja dari pembuatan jembatan ini cukup untuk membuat 60 Menara Eiffel yang ada di Perancis. Dilaporkan sekitar 420.000 ton baja yang digunakan untuk membuat jembatan sepanjang 55 kilometer ini.

Proses pembangunan jembatan ini membutuhkan sekitar delapan tahun, ditambah enam tahun persiapan. Dikutip dari Nextshark, Sabtu (31/3/2018), yang melansir dari Xinhua, mayoritas pekerjaan selesai pada Desember 2017 lalu, tetapi jembatan masih belum selesai.

Selain jalannya yang berliku-liku, jembatan HKZM juga memiliki terowongan bawah laut yang membentang hingga 6,7 kilometer. Pembangunan bagian jembatan ini terbukti cukup menjadi masalah bagi manajer perencanaan proyek, Gao Xinglin.

“Ada banyak malam di mana saya tidak bisa tidur, karena ada terlalu banyak kesulitan selama pembangunan,” katanya kepada wartawan, Rabu, AFP melaporkan.

“Menghubungkan pipa 80.000 ton di bawah laut dengan teknologi kedap air adalah yang paling menantang.”

Tidak diungkapkan berapa biaya keseluruhan proyek, termasuk pembangunan pulau buatan, fasilitas lintas perbatasan baru dan jalan yang terhubung. Namun, beberapa memperkirakan bahwa itu bisa lebih dari 100 miliar yuan ($ 15,1 miliar).

Jembatan itu pertama kali diharapkan akan dibuka pada 2017. Sayangnya, rencana itu tidak terlaksana dan telah tertunda sejak itu.

Meskipun tidak ada tanggal pembukaan resmi telah terungkap, para pejabat berharap bahwa jembatan HKZM dapat digunakan oleh publik selama 120 tahun. Ini juga akan mengurangi waktu perjalanan untuk komuter sebesar 60%, lanjut laporan itu.

Tags: #cina #HKZM #Jembatan #Jembatan HKZM #makau #tiongkok

Must read×

Top