Diatas Normal, 7 Jembatan Super Unik ini Cocok Jadi Destinasi Liburanmu!

JEMBATAN.ID – Jembatan biasanya dibangun agar memudahkan manusia untuk menuju suatu lokasi ke lokasi lain. Fungsi utama dari sebuah jembatan adalah mempersingkat jarak tempuh supaya orang yang melakukan perjalanan tak perlu mengambil jalan memutar.

Namun, sekarang fungsi jembatan semakin berkembang. Para arsitek berlomba-lomba menciptakan desain dan fungsi jembatan yang unik dan kreatif. Tak jarang, keunikan yang dimiliki jembatan ini justru menjadi daya tarik wisata yang seru untuk dikunjungi.

Seperti 7 jembatan unik dari berbagai negara ini yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

1. Moses Bridge – Belanda

Terinspirasi dari kisah nabi Musa yang mampu membelah lautan, pemerintah Belanda menciptakan jembatan yang unik. Bila biasanya jembatan berada di atas sungai, jembatan yang ada di Halsteren, Belanda ini justru sejajar dengan sungai.

Kamu akan merasakan sensasi berjalan menyeberangi jembatan yang membelah sungai. Material yang digunakan untuk membangun jembatan ini adalah kayu accoya, kayu khusus yang tahan air serta dilapisi dengan kertas timah.

Tak perlu khawatir air yang ada di sisi kanan dan kiri jembatan meluap, karena ada pompa khusus yang dapat mengatur ketinggian air sungai. Jembatan ini menjadi destinasi wisata favorit bagi turis yang berkunjung ke komplek kastil Fort de Rouvere, Belanda.

2. Zhangjiajie Glass Bridge – Tiongkok

Tak biasa, Jembatan Super Unik ini Cocok Jadi Destinasi Liburanmu!

Senang memacu adrenalin? Jembatan di Tiongkok ini harus kamu datangi! Kamu bisa mengetes nyali dengan berjalan menyeberangi jembatan kaca yang menghubungkan dua tebing. Karena terbuat dari kaca, kamu bisa melihat pemandangan dibawahmu secara langsung.

Dibuka sejak Agustus 2016 lalu, jembatan kaca di Zhangjiajie ini berhasil menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Jembatan dengan panjang 430 meter dan lebar 6 meter ini berdiri 300 meter dari permukaan tanah. Jembatan kaca ini dibuat oleh Haim Dotan, seorang arsitek yang berasal dari Israel.

Untuk keamanannya, kamu tak perlu khawatir karena pemerintah Tiongkok sudah menguji ketahanan jembatan kaca ini. Jembatan ini pun diperkirakan dapat menampung hingga 800 orang.

3. Jembatan Akar Pohon – India

Tak biasa, Jembatan Super Unik ini Cocok Jadi Destinasi Liburanmu!

Siapa sangka, di desa kecil bernama Cherrapunji, India terdapat jembatan yang menakjubkan. Di sini kamu akan menemukan jembatan yang terbuat dari akar pohon Ficus elastica, salah satu jenis pohon karet.

Curah hujan yang tinggi membuat banyak aliran air yang terbentuk di desa ini. Hal ini membuat penduduk yang tinggal di sini untuk membuat jembatan agar bisa pergi dari tempat satu ke tempat lain. Penduduk lokal menerapkan cara khusus dari suku Khasi dalam membuat jembatan alami ini. Meskipun dari akar pohon, jembatan ini kuat menampung 50 orang diatasnya.

4. Jembatan Pulau Aiola – Austria

Tak biasa, Jembatan Super Unik ini Cocok Jadi Destinasi Liburanmu!

Kalau biasanya jembatan hanya digunakan sebagai alat penyeberangan, jembatan yang membelah Sungai Mur di Austria ini berbeda, lho. Di tengah-tengah jembatan ini, kamu bisa menemukan tempat untuk berjemur, kedai kopi, teater terbuka, hingga area bermain anak. Jembatan karya arsitek asal New York, Vito Acconci ini berhasil menjadi daya tarik wisata pulau Aiola di Austria.

5. Animal Bridge – Canada

Tak biasa, Jembatan Super Unik ini Cocok Jadi Destinasi Liburanmu!

Kalau biasanya jembatan dibangun untuk manusia, jembatan yang ada di Taman Nasional Bantt, Canada sengaja dibuat untuk hewan. Jembatan penyeberangan khusus hewan ini dibuat diatas jalan raya dan dimaksudkan untuk memperkecil resiko hewan liar tertabrak.

Jembatan unik untuk hewan ini pertama kali dibuat pada tahun 1950-an di Perancis. Sekarang, sudah banyak negara-negara yang mengadaptasi ide jembatan untuk hewan ini.

6. Jembatan Gulung – Inggris

Tak biasa, Jembatan Super Unik ini Cocok Jadi Destinasi Liburanmu!

Kamu tahu tidak kalau di Inggris ada jembatan yang bisa digulung seperti karpet? Jembatan unik yang dibuat oleh arsitek Inggris, Thomas Heatherwick ini mulai dibuka untuk umum sejak tahun 2004 lalu.

Jembatan gulung ini membentang diatas kanal Grand Union, Paddington Basin, London. Ukuran jembatan ini memang tak besar karena hanya ditujukan untuk para pejalan kaki. Kalau kamu ingin melihat jembatan ini digulung, datanglah tiap Jumat sore.

7. Magdeburg Water Bridge – Jerman

Tak biasa, Jembatan Super Unik ini Cocok Jadi Destinasi Liburanmu!

Selain jembatan khusus hewan, di Jerman ada jembatan untuk perahu! Magdeburg Water Bridge adalah jembatan yang khusus dibangun untuk memudahkan kapal yang ingin menyeberang ke Sungai Elbe. Perahu yang sebelumnya harus memutar sejauh 12 kilometer, akhirnya bisa memotong jalan melalui jembatan ini.

Pembangunan jembatan khusus perahu ini mulai dikerjakan sejak 1930-an. Namun, karena perang dunia II, pembangunannya terhenti hingga tahun 1997. Pemerintah Jerman kembali merampungkan proyek jembatan ini di tahun 1997 hingga akhirnya dibuka pada tahun 2003 lalu.

Terbukti kan, kalau jembatan tak hanya punya fungsi praktis, tapi juga fungsi estetis yang membuat jembatan tersebut lain daripada yang lain. Dari berbagai jembatan unik di atas, mana yang paling ingin kamu kunjungi?

Tags: #Animal Bridge #Jembatan Akar Pohon #Jembatan Gulung #Jembatan Pulau Aiola #Magdeburg Water Bridge #Moses Bridge #Zhangjiajie Glass Bridge

Must read×

Top