Jembatan Musi II Akan Ditutup Selama 10 Hari

JEMBATAN.ID – Jembatan Musi II akan ditutup selama 10 hari oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Pupera) guna melakukan perbaikan spelat lantai yang berkarat.

Kemudian, pengendara direncanakan akan melewati jembatan duplikasi yang berada di sebelahnya. Namun hingga saat ini, penutupan tersebut belum bisa dilakukan lantaran belum ada izin dari kepolisian.

Hal tersebut diungkapkan Suwarno, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Metropolis dari Kementerian Pupera. “Kami berencana melakukan penutupan jembatan Musi II selama 10 hari atau sejak izin penutupan keluar dari polresta/polsek. Tapi sampai hari ini (kemarin, red) surat izinnya belum keluar, ” katanya, kemarin (3/5).

Izin belum keluar, diakui Suwarno memang belum mengganggu pengerjaan perbaikan jembatan tersebut. Namun pihaknya khawatir kalau sampai belum keluar saat Ramadan akan menghambat pengerjaan. “Kami masih menunggu dan semoga secepatnya keluar, agar pengerjaan dapat dilakukan maksimal,” ungkap dia.

Suwarno menjelaskan, nantinya pengendara bisa menggunakan jembatan yang berada di sebelahnya dengan rekayasa lalu lintas dua jalur. “Tentu akan terjadi perlambatan, karena itu kami mohon maaf dan warga bersabar,” tambahnya.

Dia menjelaskan, penutupan ini perlu dilakukan mengingat pada jembatan Musi II Ini terjadi kerusakan pelat lantai yang menipis sehingga membuat patahan sekitar 1×1 meter. “Hanya ini kerusakannya, tapi kalau dibiarkan akan bertambah lebar dan besar karenanya harus diperbaiki.”

Secara teknis, masih kata dia, pengerjaan jembatan ini hanya butuh satu hari. Namun untuk beton perlu waktu (pengerasan/usia beton). Disamping memang, jembatan Musi II perlu dilakukan perawatan mengingat aktivitas yang menjadi perlintasan barang.

Ditambah beberapa waktu lalu ada baut yang dicuri tapi sudah diganti dan dilakukan penanganan. “Mungkin harga yang dicuri tidak mahal, akan tetapi akibat adanya elemen jembatan yang hilang ini sangat fatal. Untuk itu harus diperbaiki apalagi untuk mendatangkan baut itu butuh waktu cukul lama,” tukasnya.

Terpisah, Kasat lantas Polresta Palembang, Kompol Andi Baso Rahman SIk SH MSi membenarkan adanya rencana penutupan jalan di Jembatan Musi II, dikarenakan adanya pengerjaan dan perbaikan jembatan. “Iya kita sudah menerima surat, dan mulai hari ini (kemarin sore,red) jalan sudah ditutup,” katanya.

Dikatakan Andi, untuk alat – alat pengerjaan jembatan nanti malam tiba. Jadi mulai tadi jalan sudah ditutup. “Penutupan jalan dilakukan hingga pengerjaan jalan sudah selesai, kalau untuk waktunya sampai kapan saya lupa,” ujarnya.

Selama adanya penutupan jembatan Musi II, maka jalan akan dialihkan ke duplikat jembatan Musi II.

Namun, pantauan koran ini di lapangan, jembatan Musi II belum ada penutupan hanya saja sudah ada pengerjaan jembatan Musi II yang menimbulkan kemacetan dari Jalan Alamsyah Ratu Prawira menuju Jembatan Musi II.

Tags: #Jembatan Musi II

Must read×

Top