Proses Lama Terbentangnya Jembatan, Tinggal Finishing Talud

JEMBATAN.ID – Pengerjaan jembatan mangkrak di Desa Bonto Matinggi, Tompobulu, hampir sepenuhnya selesai. Salah satu masalah yang dihadapi saat ini adalah soal pembiayaan pembangunan talud.

“Sudah hampir selesai, tidak ada kendala dan hanya butuh waktu sedikit lagi untuk pelaksanaan,” kata Kepala Dinas Binas Marga Provinsi Sulsel, Jumras, Kamis (5/7/2018).

Akhirnya Jembatan Maros Terbentang, Tinggal Finishing Talud
Sebelum dibangun jembatan, anak-anak menyeberang dengan ban bekas

Lantai papan jembatan yang dikerjakan selama masa bulan ramadan telah rampung dikerjakan. Termasuk dengan tali sling yang telah membentang di kedua sisi sungai.

Namun, yang menjadi kendala saat ini adalah pembangunan talud jembatan. Talud jembatan ini bukan hanya sebagai penahan jembatan, tetapi juga sebagai akses keluar masuk.

“Pekerjaan talud untuk keluar dan masuk jembatan saja yang terkendala dengan pembiayaan,” ungkapnya.

Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono akan memberi nama ‘jembatan gotong royong’. Sebab pembangunan dilakukan oleh banyak unsur masyarakat. Yaitu dari Pemdes Bonto Matinggi dan warga sekitar. Selain itu, ratusan pembaca dari seluruh Indonesia juga ikut menyumbang. Sumbangan pembaca dikelola dan dikoordinasikan ACT. Untuk teknisnya, ACT masih terus berkoordinasi dengan pihak pihak terkait.

Menurut Soni, jembatan gotong royong ini akan menjadi simbol kebersamaan rakyat Indonesia untuk Maros, dan Maros untuk Indonesia.

Tags: #Tompobulu

Must read×

Top