Jembatan Truss Modular

Jembatan truss adalah salah satu jenis jembatan tertua di antara berbagai jenis jembatan modern. Jembatan jenis ini memiliki nilai ekonomis untuk infrastruktur karena penggunaan bahannya yang efisien. Merupakan tipe jembatan yang beban struktur luarnya terdiri atas elemen yang saling terhubung membentuk unit segitiga (truss). Unsur-unsur yang terhubung (biasanya lurus) mendapat tekanan dari tensi atau kompresi, atau keduanya untuk merespons terhadap perubahan beban. Terdiri atas dua rangka bidang utama yang diikat bersama dengan balok-balok melintang dan pengaku lateral.

Tipe jembatan ini umum dipakai sebagai struktur pengaku untuk jembatan gantung konvensional, karena memiliki kemampuan untuk dilalui angin (aerodinamis) yang baik. Beratnya yang relatif ringan merupakan keuntungan dalam pembangunannya, dimana jembatan bisa dirakit bagian demi bagian.

Sifat dasar jembatan truss memungkinkan analisis struktur menggunakan beberapa asumsi dan penerapan hukum Newton tentang gerak sesuai dengan cabang fisika yang dikenal sebagai statika. Untuk keperluan analisis, jembatan truss diasumsikan sebagai pin bersendi dimana komponen-komponen yang lurus saling bertemu. Asumsi ini berarti bahwa bagian-bagian truss (chords, vertikal dan diagonal) akan bertindak hanya dalam tekanan.

Jembatan truss jarang terlihat memiliki estetika yang baik, meski begitu untuk jembatan rangka yang panjang dan besar faktor itu tidak begitu kentara karena pengaruh visual dalam skala besar. Contoh terkenal dari jembatan rangka batang baja yang artistik adalah jembatan Sydney Harbour di Australia dan jembatan New River George di West Virginia (USA), dimana keduanya merupakan jembatan rangka batang yang berbentuk pelengkung.

 

Tags: #Featured #Jembatan Modular #Jembatan Truss

Must read×

Top